Monday, February 4, 2013

PITUTUR DALAM SERAT WEDHATAMA DAN SERAT WULANGREH (2): NYREMPET ORANG TUA

Sesuai permintaan teman pada tulisan Pitutur dalam Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh (1): Pituturseorang bapak atau yang dituakan, untuk mengirim apa yang belum saya sampaikan melalui email, maka ketika pramugari mengumumkan bahwa sabuk pengaman boleh dilepas, saya mulai menulis di iPad. Walaupun waktu untuk boleh buka gadget dalam penerbangan Yogya Jakarta hanya setengah jam, tapi lumayanlah. Hasilnya seperti di bawah:
 
Den Bei ingkang tuhu kinurmatan (karena gaya dia memang ngeboss maka dulu teman-teman menyebut dia dengan “Den Bei”).
 
Sebagai orang yang sudah tua, sebaiknya kita jangan cepat-cepat merasa hebat sendiri sehingga tidak menyimak pitutur dalam kedua Serat tersebut. Sebagian dari perilaku tidak baik yang disebut di situ, adalah perilaku orang tua. Sri Pakubuwana IV dan Sri Mangkunegara IV secara bijak menjelaskan hal ini kepada putra-putranya dan kawula muda pada umumnya, sehingga mereka tidak keblinger di kelak kemudian hari. Bila Den Bei bertanya, adakah kata “orang tua” disebut secara khusus, maka jawabnya “ada”
 
 
SERAT WEDHATAMA
 
Bila kita simak pupuh Pangkur bait ke 2 dan 3 di bawah:

 
2. jinêjêr nèng Wedhatama | mrih tan kêmba kêmbênganing pambudi | mangka nadyan tuwa pikun | yèn tan mikani rasa | yêkti sêpi asêpa lir sêpah samun | samangsane pakumpulan | gonyak-ganyuk nglêlingsêmi ||
 
3. gugu karêpe priyangga | nora nganggo pêparah lamun angling | lumuh ingaran balilu | ugêr guru alêman | nanging janma ingkang wus waspadèng sêmu | sinamun ing samudana | sêsadon ingadu manis ||
 
Wedhatama, Pangkur: 2-3
 

 Intinya: Walaupun kita sudah tua pikun kalau tidak memahami “rasa” bakal kosong (sepi), hambar (sepa), seperti sepah (ampas) yang tidak jelas (samun). Dalam pergaulan “gonyak-ganyuk” (perilaku tidak empan papan) memalukan (nglelingsemi). Ciri-ciri utamanya adalah: menuruti maunya sendiri (gugu karepe priyangga), kalau bicara waton nylekop tanpa dipikir (nora nganggo peparah lamun angling), dikatakan bodoh tidak mau (lumuh ingaran balilu) dan maunya dipuji-puji (guru aleman).
Mengenai hal ini dapat dipirsani pada link:


 
SERAT WULANGREH
Pada pupuh Pocung bait 1 s/d 3 kita diminta untuk meneladani buah keluak sebagai berikut:

 
1. kamulane kaluwak nom-nomanipun | pan dadi satunggal | pucung arane puniki |yèn wis tuwa kaluwake pisah-pisah ||
 
2. dèn budia kapriye ing bêcikipun | aja nganti pisah | kumpula kaya nomnèki | ênom kumpul tuwa kumpul kang prayoga ||

3. aja kaya kaluwak ênome kumpul | basa wis atuwa | ting salêbar siji-siji | nora wurung bakal dadi bumbu pindhang ||
 
Wulangreh, Pocung: 1 s/d 3
 

 Intinya: Pada waktu masih muda, antara kulit dan daging buah keluak menyatu. Kalau sudah tua, kulit dan daging buah terpisah. Upayakan jangan berpisah, berkumpullah seperti masa muda dulu. Jangan seperti keluak, ketika masih muda bersatu, setelah tua tersebar satu-satu. Tak urung jadi bumbu pindang.

Selanjutnya  pada pupuh Pocung bait ke 7 s/d 13 dapat kita baca sebagai berikut:

 
7. lamun bênêr lan pintêr pamomongipun | kang ginawe tuwa | aja nganggo abot sisih | dipun padha pamêngkune mring sêntana ||
 
8. mapan ewuh wong tinitah dadi sêpuh | tan kêna gumampang | iya marang dulurnèki | tuwa anom aja beda traping karya ||
 
9. kang sarêgêp kalawan ingkang malincur | padha dèn kawruhan | sira alêma kang bêcik | kang malincur age sira bêndonana ||
 
10. yèn tan mari binêndon gone malincur | age tinatrapan | sapantêse lan dosanèki | pan sêntana dimène dadi tuladha ||
 
11. lan wong liya darapon wêdia iku | kang padha ngawula | ing batine wêdi asih | pan mangkono labuhan wong dadi tuwa ||
 
12. dèn ajêmbar dèn amot lawan dèn mêngku | dèn pindha sagara | tyase ngêmot ala bêcik | mapan ana pêpancène sowang-sowang ||
 
13. pan sadulur tuwa kang wajib pitutur | marang kang taruna | kang anom wajibe wêdi | sarta manut wuruke sadulur tuwa ||
 
Wulangreh, Pocung: 7 s/d 13
 

 Intinya adalah: Dalam memperlakukan yang lebih muda, jangan berat sebelah, jangan membeda-bedakan, pujilah yang baik, tegurlah yang buruk, bila ditegur masih belum berubah, berilah hukuman yang setimpal dengan kesalahannya, supaya menjadi contoh bagi yang lain. Teladanilah “samodera” yang sabar dan mampu memuat dan mengasuh semuanya, yang baik maupun yang buruk. Yang tua wajib memberi pitutur kepada yang muda.

Link yang terkait dengan hal di atas dapat dibaca di:


KESIMPULAN:

Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh juga memberi pitutur kepada orang tua. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan perilakunya sebagai pribadi, jangan gonyak ganyuk karena memalukan. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan dua hal: dalam hubungan antara sesama orang tua, supaya tetap kompak seperti pada masa muda dulu dan dalam hubungan dengan yang lebih muda (termasuk dengan bawahan), jangan berat sebelah, berani menegur, berani menindak, tetapi harus berperilaku seperti samodera yang jembar, amot dan mengku.

Tulisan saya akhiri dengan: Demikian Den Bei, bagian yang belum sempat saya sampaikan di ruang tunggu tadi. Justru kepada orang tua pitutur lebih terstruktur:  Bagaimana sikap dan perilaku untuk diri sendiri, dengan sesama orang tua, dan dengan yang lebih muda (IwanMM).

No comments:

Most Recent Post

POPULAR POST