Sesuai
permintaan teman pada tulisan Pitutur dalam Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh (1): Pituturseorang bapak atau yang dituakan, untuk mengirim apa yang belum saya sampaikan
melalui email, maka ketika pramugari mengumumkan bahwa sabuk pengaman boleh
dilepas, saya mulai menulis di iPad. Walaupun waktu untuk boleh buka gadget
dalam penerbangan Yogya Jakarta hanya setengah jam, tapi lumayanlah. Hasilnya seperti di bawah:
Den Bei ingkang tuhu
kinurmatan (karena
gaya dia memang ngeboss maka dulu teman-teman menyebut dia dengan “Den Bei”).
Sebagai
orang yang sudah tua, sebaiknya kita jangan cepat-cepat merasa hebat sendiri
sehingga tidak menyimak pitutur dalam kedua Serat tersebut. Sebagian dari
perilaku tidak baik yang disebut di situ, adalah perilaku orang tua. Sri Pakubuwana
IV dan Sri Mangkunegara IV secara bijak menjelaskan hal ini kepada
putra-putranya dan kawula muda pada umumnya, sehingga mereka tidak keblinger di
kelak kemudian hari. Bila Den Bei bertanya, adakah kata “orang tua” disebut
secara khusus, maka jawabnya “ada”
SERAT WEDHATAMA
Bila
kita simak pupuh Pangkur bait ke 2 dan 3 di bawah:
2. jinêjêr nèng Wedhatama | mrih tan kêmba
kêmbênganing pambudi | mangka nadyan tuwa pikun | yèn tan
mikani rasa | yêkti sêpi asêpa lir sêpah samun | samangsane pakumpulan | gonyak-ganyuk
nglêlingsêmi ||
3. gugu karêpe priyangga | nora
nganggo pêparah lamun angling | lumuh ingaran balilu | ugêr guru alêman | nanging janma
ingkang wus waspadèng sêmu | sinamun ing samudana | sêsadon ingadu manis ||
Wedhatama, Pangkur: 2-3
|
Mengenai
hal ini dapat dipirsani pada link:
Pada
pupuh Pocung bait 1 s/d 3 kita diminta untuk meneladani buah keluak sebagai
berikut:
1. kamulane kaluwak nom-nomanipun | pan dadi satunggal
| pucung arane puniki
|yèn wis
tuwa kaluwake pisah-pisah ||
2. dèn budia kapriye ing bêcikipun | aja nganti
pisah | kumpula kaya nomnèki | ênom kumpul tuwa kumpul kang
prayoga ||
3. aja kaya kaluwak ênome kumpul | basa wis
atuwa | ting salêbar siji-siji
| nora wurung bakal dadi bumbu pindhang
||
Wulangreh, Pocung: 1 s/d 3 |
Selanjutnya pada pupuh Pocung bait ke 7 s/d 13 dapat kita baca sebagai berikut:
7. lamun
bênêr lan pintêr pamomongipun | kang ginawe tuwa | aja nganggo abot sisih | dipun padha pamêngkune mring sêntana ||
8. mapan ewuh
wong
tinitah dadi sêpuh | tan kêna
gumampang | iya marang dulurnèki | tuwa anom aja beda traping karya ||
9. kang
sarêgêp kalawan ingkang malincur | padha dèn kawruhan | sira alêma kang bêcik | kang malincur
age sira bêndonana ||
10. yèn tan mari binêndon gone malincur |
age tinatrapan | sapantêse lan dosanèki |
pan sêntana dimène dadi
tuladha ||
11. lan wong liya darapon wêdia iku |
kang padha ngawula | ing batine
wêdi asih | pan
mangkono labuhan wong dadi tuwa ||
12. dèn ajêmbar dèn amot lawan dèn mêngku | dèn pindha sagara | tyase ngêmot ala bêcik | mapan ana pêpancène
sowang-sowang ||
13. pan sadulur tuwa kang wajib pitutur |
marang kang taruna | kang anom
wajibe wêdi | sarta manut wuruke sadulur tuwa ||
Wulangreh, Pocung: 7 s/d 13
|
Link yang terkait dengan hal di atas dapat dibaca di:
KESIMPULAN:
Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh juga memberi pitutur kepada orang tua. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan perilakunya sebagai pribadi, jangan gonyak ganyuk karena memalukan. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan dua hal: dalam hubungan antara sesama orang tua, supaya tetap kompak seperti pada masa muda dulu dan dalam hubungan dengan yang lebih muda (termasuk dengan bawahan), jangan berat sebelah, berani menegur, berani menindak, tetapi harus berperilaku seperti samodera yang jembar, amot dan mengku.
Tulisan saya akhiri dengan: Demikian Den Bei, bagian yang belum sempat saya sampaikan di ruang tunggu tadi. Justru kepada orang tua pitutur lebih terstruktur: Bagaimana sikap dan perilaku untuk diri sendiri, dengan sesama orang tua, dan dengan yang lebih muda (IwanMM).
Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh juga memberi pitutur kepada orang tua. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan perilakunya sebagai pribadi, jangan gonyak ganyuk karena memalukan. Dalam Serat Wulangreh terkait dengan dua hal: dalam hubungan antara sesama orang tua, supaya tetap kompak seperti pada masa muda dulu dan dalam hubungan dengan yang lebih muda (termasuk dengan bawahan), jangan berat sebelah, berani menegur, berani menindak, tetapi harus berperilaku seperti samodera yang jembar, amot dan mengku.
Tulisan saya akhiri dengan: Demikian Den Bei, bagian yang belum sempat saya sampaikan di ruang tunggu tadi. Justru kepada orang tua pitutur lebih terstruktur: Bagaimana sikap dan perilaku untuk diri sendiri, dengan sesama orang tua, dan dengan yang lebih muda (IwanMM).
No comments:
Post a Comment