Hanya orang yang sabar
yang bisa mengambil sikap mengalah. Demikian pula sebaliknya, orang yang mau
mengalah tentu mempunyai sifat penyabar. Ada juga “unen-unen “wong ngalah duwur
wekasane” yang banyak diprotes teman-teman: “masa disuruh ngalah dan ngalih
terus, kapan boleh ngamuk?”
Ngamuk bukannya tidak boleh. Tetapi ngamuk adalah langkah terakhir setelah
dipertimbangkan dengan “memet”. Kalau hasil ngamuk kita akhirnya hanya “Kalah wirang dan menang ora kondhang”, (kalah memalukan, menang tidak tenar) buat
apa kita harus ngamuk sampai berdarah-darah. Kan hanya buang-buang energi tanpa manfaat. Masih banyak urusan lain yang butuh energi.
PITUTUR
DARI SERAT WEDHATAMA
Dalam menerima
perlakuan tidak menyenangkan dari orang yang suka omong besar, sombong, suka
menghina, dll. Sri Mangkunegara IV dalam Serat Wulangreh memberikan nasihat
sebagai berikut:
A. Dalam pupuh Pangkur bait ke 5 kita
diminta agar hati tetap senang walau dikatakan tolol (bungah ingaranan cubluk) dan dihina (sukèng tyas yèn dèn ina). Hal ini mengingat tujuan hidup kita
adalah “amemangun karyenak tyasing sesama”, membuat senang semua orang.
Selengkapnya pupuh tersebut sebagai berikut:
(5)
“mangkono
ngèlmu kang nyata; sanyatane mung wèh rêsêping ati; bungah
ingaranan cubluk; sukèng tyas yèn dèn ina;
nora kaya si punggung anggung gumunggung;
ugungan
sadina-din; aja mangkono wong urip”
B. Dipertegas lagi dalam pupuh Pocung
bait ke 10 dan 11 bahwa ksatria Jawa mempunyai pegangan “Triprakara” (yèn satriya tanah Jawi; kuna-kuna kang
ginilut tri prakara;
baca: Serat Wedhatama: “Triprakara” pegangan ksatria Jawa). Yaitu: Pertama,
Bila kehilangan tidak menyesali (.lila lamun kelangan nora gêgêtun); kedua, bisa menerima bila hati
disakiti oleh sesama (trima yèn
kataman;
saksêrik samèng dumadi)
dan ketiga, ikhlas dan berserah diri kepada Allah (| tri lêgawa
nalôngsa srahing bathara).
Selengkapnya pupuh tersebut sebagai berikut:
(10) basa ngèlmu mupakate lan panêmu; pasahe lan tapa; yèn satriya
tanah Jawi; kuna-kuna kang ginilut tri
prakara
(11)
lila lamun
kelangan nora gêgêtun; trima yèn kataman; saksêrik samèng dumadi; tri lêgawa nalôngsa srahing bathara
C. Pada pupuh Pangkur bait ke 3
dijelaskan, menghadapi orang yang suka menuruti kemauan sendiri, walau kita merasa benar, lebih baik mengalah,
supaya orang itu tidak kehilangan muka (si wasis waskitha ngalah; ngalingi marang si pinging).
Biarpun orang itu omongnya semakin besar dan semakin menyakitkan. Tidak ada
manfaatnya bertengkar apalagi berkelahi. Malah nama kita jatuh. Selengkapnya
bait ke 3 tersebut sebagai berikut:
(4) si pêngung nora nglêgewa; sangsayarda dènira
cêcariwis; ngandhar-andhar
angandhukur; kandhane nora kaprah; saya elok alôngka-longkanganipun; si wasis waskitha
ngalah | ngalingi marang si pinging
D Bersikap mengalah
itu berat. Dalam pupuh Pangkur bait ke 3 dijelaskan hanya orang-orang yang sudah mengendap, yang sudah
mampu melihat dan menerima situasi (nanging janma
ingkang wus waspadèng sêmu) yang dapat melakukan hal ini, yaitu “sinamun ing samudana; sêsadon ingadu manis” (tidak menunjukkan emosi yang sebenarnya, wajah tetap
sejuk dan bicara tetap manis). Lengkapnya bait ke 3 tersebut sebagai berikut:
(3) gugu karêpe priyangga; nora nganggo pêparah
lamun angling;
lumuh ingaran balilu; ugêr guru alêman; nanging janma ingkang wus waspadèng sêmu; sinamun ing samudana; sêsadon ingadu manis
KESIMPULAN
Bagaimana kalau tidak
kuat? Ya dikuat-kuatkan, manusia harus berlatih menahan diri. Yang merasa
waras, ngalah. (Baca: Serat Wedhatama: Sinamun ing samudana, sesadon ingadu manis). Kalau pada akhirnya
kira-kira merasa tidak mampu “ngalah” ya “ngalih” (menyingkir) pelan-pelan, daripada
terjadi konflik fisik.
Ngalah dan ngalih
apa tidak dikira ngacir? Lalu kapan ngamuk
dan ngantemnya?. Dalam tulisan “Serat Kandhabumi:Pitutur untuk ngawula kepada raja” disebutkan bahwa kita harus bisa ngalah
tetapi tidak kalahan. Kita jangan terprovokasi untuk ikut-ikut golongan
orang-orang yang “waton sulaya”. Yang
nonton akan senang sekali. “Keplok ora
tombok”, kata mereka. Menyoraki kan gratis. Ada saatnya ngamuk: Dalam
bahasa Jawa juga dikenal ungkapan:
“Sadumuk bathuk sanyari bumi ditohi pati”. (IwMM)
No comments:
Post a Comment