Sunday, May 20, 2012

KISAH ANJING DAN KUCING: CONTOH EMBAN CINDHE EMBAN SILADAN

Adalah seekor anjing dan seekor kucing: Keduanya menjadi piaraan manusia. Pada suatu hari si anjing berpapasan dengan kucing di halaman, lalu bertengkar

Anjing: “Kucing, apakah sih maksudmu? Setiap aku lewat didekatmu, kau tunjukkan taringmu dengan desisan yang mengerikan. Punggungmu melengkung, bulu-bulumu berdiri. Apa supaya aku takut? Aku takut kepadamu hanya kalau di hadapan tuan kita, karena aku selalu dikalahkan, bahkan diusir dengan lemparan sandal, tanpa diteliti duduk perkaranya. Sekarang ini kita di halaman, tuan kita tidak ada, kalau mau aku bisa hancurkan kepalamu. Mbok jangan seperti itu, walau kamu tidur di kasur bersama tuanmu dan aku cuma di atas keset di teras rumah, bagaimanapun kita ini sama-sama binatang piaraan, sama-sama mengabdi pada tuan yang sama. Hanya kebetulan kamu lebih disayangi.

Kucing menjawab sambil tersenyum sinis: Baik anjing, sekarang aku takut sama kamu. Tapi tunggulah sampai tuan kita datang. Kamu jangan berani-berani mendekat. Aku pasti akan mendesis seperti biasa, pura-pura ketakutan seperti biasa. Demikian pula kamu pasti akan dipukul atau dilempar sandal seperti biasanya pula.


LIDING DONGENG

Dua orang yang mengabdi atau punya pimpinan, karena satu dan lain hal bisa saja salah satu lebih disayangi. Sudah nasib yang kurang disayang, walau ia mendapat perlakuan tidak baik dari temannya yang disayang, ia tidak berani apa-apa selain menyabarkan diri. Sebab kalau yang disayangi pimpinan melaporkan, maka dia yang tidak disayangi walau  tidak ada salah atau justru benar, malah akan semakin celaka. Kecil dimarahi, besar kalau apes, bisa dipecat. Pesan moral disini adalah:

(1) Hati-hati kalau punya teman yang suka ngathok dan tumbak cucukan.
(2) Kalau menjadi pemimpin jangan suka pilih kasih,  emban cindhe emban siladan
(3) Kalau disayangi pimpinan jangan aji mumpung untuk hal tidak baik. (IwMM)
 
 
Disadur dari Serat Maduwasita, Ki Padmasusastra, Surakarta, 1918

No comments:


Most Recent Post


POPULAR POST