Thursday, November 24, 2011

WANI SILIT WEDI RAI dan TUMBAK CUCUKAN


Wani: Berani; Silit: Anus; Wedi: Takut; Rai: Wajah. “Silit” tempatnya di bagian belakang sedangkan “Rai” di bagian depan. Jelas sekali bahwa ungkapan ini berarti orang yang beraninya hanya dari belakang. Bukan berati orang yang menusuk kita dari belakang. Ungkapan ini tidak ada kaitannya dengan serangan fisik dari belakang, tetapi serangan mulut pada saat yang bersangkutan tidak ada di hadapan kita.
 

WANI SILIT WEDI RAI

Hal seperti ini banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kita ambil contoh ketika ibu-ibu sedang kumpul, bisa kumpul terencana seperti waktu arisan, atau kumpul tidak terencana misalnya sore-sore di depan rumah. Semula dua orang lama-lama bisa duabelas orang. Kebanyakan “ngrasani” ibu lain yang tidak ada di situ. Mulai hal kecil sampai hal besar, mulai hal umum sampai hal khusus. Ketika ibu yang dirasani tahu-tahu muncul, mungkin karena perasaan tidak enak lalu keluar rumah, atau secara kebetulan saja, pembicaraan pun tahu-tahu beralih. Bahkan mungkin memuji-muji ibu yang tadi dirasani jelek.

Apalagi di kantor, “ngrasani” bos adalah hal biasa. Bos yang baik pun bisa dirasani. Dan susahnya jarang ada orang “ngrasani” hal-hal yang baik. Mulai dari perilaku pribadi sampai perilaku kepemimpinan, atau membanding-bandingkan dengan bos terdahulu. Padahal bos yang dulu pun juga dirasani jelek. Ketika dipanggil boss atau rapat dengan boss, yang tadinya merupakan bahan “rasan-rasan” tidak muncul samasekali. Kata-kata yang banyak terdengar hanyalah: “baik, Pak”, atau “Siap Ibu”.

Di dunia pewayangan pun hal ini berlaku. Pada waktu Korawa selesai mengikuti paseban, setelah keluar kemudian menyiapkan barisan, Ki Dhalang dengan mahirnya menampilkan tokoh-tokoh yang “wani silit wedi rai” ini. Disitu ada patih Sangkuni, Dursasana, Citraksa, Citraksi, Durmagati dan lain-lain. Kalau nanti ketemu tokoh Pandawa, seperti Gatutkaca atau Antasena, sesumbarnya seperti membelah langit. Untuk mengalahkan ... “sipil” kata orang Jogja. Ketika ketemu betul, belum berperang sudah lari.


TUMBAK CUCUKAN

Ngrasani” itu nikmat, “wani silit wedi rai” itu pengecut yang aman, sepanjang tidak ada diantara kita orang yang “tumbak cucukan”. (Tumbak: Tombak; Cucuk: paruh burung). Yaitu orang yang suka “wadul-wadul” atau mengadu. Mungkin ia malah memancing-mancing untuk memperoleh bahan “wadul” nya. Orang “tumbak cucukan” biasanya sudah diketahui teman-temannya. Ia juga jadi bahan rasanan tersendiri. Dia juga punya kenikmatan tersendiri kalau bisa “wadul” dan yang “diwadulkan” bisa saja lebih besar dari ceritera yang digossipkan. Wadul tidak hanya kepada boss tetapi juga bisa kepada teman yang lain. Ia bisa dianggap sebagai mata-mata atau tukang adu domba ketika kemudian ia “wadul” sana sini.
 

KESIMPULAN

Hidup ini mestinya jangan menjadi keduanya, “wani silit wedi rai” dan “tumbak cucukan”. Persaudaraan bisa rusak, hubungan atasan bawahan juga bisa kacau. Hidup sudah penuh masalah, jangan menambah masalah lagi dengan gossip dan adu domba (IwMM).

 

4 comments:

Anonymous said...

terus terang saya termasuk ibu RT yg nggak suka kumpul2 , malas pak, pernah sekali datang ke perkumpulan ibu2 di sini, yg ada malah diplonco krn saya org baru, dan bener seperti yang njenengan uraikan di atas, kebanyakan memang ngerasani yg lain, sejak itu saya jadi kapok ikut kumpul2 ibu, tapi dr dulu juga paling nggak suka yg namanya arisan mending waktunya buat pit-pitan ngelilingi hutan, danau, liat rusa liar, ratusan burung, atau seribu angsa abu abu yg baru transit di tengah sawah lebih menentramkan hati

Iwan M Muljono said...

Duniaely
Terimakasih atas komentar Ibu. Risiko meninggalkan orang-orang adalah dicap sombong. Jalan tengahnya ikuti saja social gathering tanpa ikut nggosip. Lama-lama mereka tahu kalau kita tidak suka dan tidak ngrasani orang paling tidak selama kita ada. Bulan Oktober saya posting "omong klobot" omongan teman-teman di desa dulu jaman masih pakai rokok klobot. Hanya kresek-kresek seperti klobot garing, tidak ngrasani orang. Tapi itu dulu saat klobot masih banyak dipakai.

Lailatul Kiptiyah said...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Bapak, mohon maaf sudah beberapa hari ini saya membuka Blog Bapak yang sangat kaya ini..Subhanallah Alhamdulillah..saya seperti menemukan ladang ilmu...(saya asli dari Blitar-Jatim) tapi sdh lama merantau di Jakarta...terasa saya diingatkan kembali kepada asal-usul saya juga leluhur saya...mohon izin terus belajar kepada Bapak...sumugi Gusti Allah SWT tansah mengijabahi Panjenengan sekeluargi..Barrakallah..AMin..
Salam takzim ananda -laila

PELAYANAN PRAKTEK TERAPI PIJAT KESEHATAN DAN PENYAKIT TRADISIONAL SECARA EMPIRIS KOTA/KABUPATEN TULUNGAGUNG DAN JUGA KOTA/KABUPATEN SE JAWA TIMUR said...

memang ngrasani itu hal yang jenuh. saya juga gak terlalu suka. saya orangnya cuek. jujur saya punya sifat keras. kalau tau dirasani didepan saya sendiri tindakan di luar nalar pun terjadi seperti nyandak taligoci atau krah terus tak tanya gak jujur mesti tak tendang. karena watak pendekar sejati pantang menyerah. asal benar jujur pasti musuh dapat dihancurkan. karena jiwa saya bisnis dan ternak. saya bekerja juga di pemerintahan. pimpinan saya pun ada juga kaya gitu. bapak2 bermulut ibu2. tapi selama ada bukti dan kuat jelas tindakan di luar nalar itupun terjadi.


Most Recent Post


POPULAR POST