Wednesday, January 23, 2013

SERAT WEDHATAMA DAN PERILAKU YANG TIDAK SESUAI BASA BASUKI

Kata “Basa Basuki” memang tidak disebut dalam Serat Wedhatama anggitan Sri Mangkunegara IV.
 
Tetapi Bapak Ibu dapat menemukan kalimat “marma ing sabisa-bisa bebasane muriha tyas basuki” pada bait ke 10 pupuh Pangkur.
 
Oleh sebab itu sedapat mungkin upayakan supaya memiliki “tyas basuki”. “Tyas” adalah hati.
 
Lengkapnya bait ke 10 sebagai berikut:
 
10. marma ing sabisa-bisa | bêbasane muriha tyas basuki | puruhitaa kang patut | lan taping angganira | ana uga anggêr ugêring kaprabun | abon-aboning panêmbah | kang kanggo ing siyang ratri ||
 
PERILAKU YANG TIDAK SESUAI BASA BASUKI
Beberapa perilaku tidak basuki yang disebut dalam Serat Wedhatama dapat kita temukan pada pupuh Pangkur bait ke 2, 3, 4,5,6 dan 8 sebagai berikut:
1.    Gonyak-ganyuk: Merujuk pada perilaku orang “tua” yang tidak tahu (wikan) perasaan. Dalam pergaulan (pasamuan) perilakunya akan tidak pas dengan suasananya (gonyak-ganyuk). Dapat dibaca pada posting Serat Wedhatama: Orang tua yang gonyak ganyuk nglelingsemi

2.    Gugu karepe priyangga: Mengikuti kemauan sendiri (Merupakan penjabaran dari sifat gonyak-ganyuk). Dapat dibaca di Serat Wedhatama: Jangan menuruti kemauan sendiri

3.    Nora nganggo peparah lamun angling: Bicara (angling) tanpa dipikir dulu

4.    Lumuh ingaran balilu: Tidak mau dikatakan bodoh

5.    Uger guru aleman: Maunya dipuji-puji

6.    Kandhane nora kaprah: Sudah semakin ceriwis (sangsayadra denira caceriwis), omong tinggi dan tidak masuk akal

7.    Ugungan: Suka dipuji-puji

8.    Kumaki: Berlagak sok jagoan, seperti “kenthus” katak kecil yang suaranya besar. Dapat dibaca di Serat Wulangreh:Kumenthus dan kumaki

9.    Lumuh asor kudu unggul: Tidak mau kalah, maunya menang

10.  Sumungah sesongaran: Suka pamer, bicaranya tinggi.

Lengkap pupuh Pangkur bait ke 2 s/d 6 dan 8 sebagai berikut:

Pupuh Pangkur
bait ke 2
jinêjêr nèng Wedhatama | mrih tan kêmba kêmbênganing pambudi | mangka nadyan tuwa pikun | yèn tan mikani rasa | yêkti sêpi asêpa lir sêpah samun | samangsane pakumpulan | gonyak-ganyuk nglêlingsêmi ||
Pupuh Pangkur
bait ke 3
gugu karêpe priyangga | nora nganggo pêparah lamun angling | lumuh ingaran balilu | ugêr guru alêman | nanging janma ingkang wus waspadèng sêmu | sinamun ing samudana | sêsadon ingadu manis ||
Pupuh Pangkur bait ke 4
si pêngung nora nglêgewa | sangsayarda dènira cêcariwis | ngandhar-andhar angandhukur | kandhane nora kaprah | saya elok alôngka-longkanganipun | si wasis waskitha ngalah | ngalingi marang si pingging ||
Pupuh Pangkur bait ke 5
mangkono ngèlmu kang nyata | sanyatane mung wèh rêsêping ati | bungah ingaranan cubluk | sukèng tyas yèn dèn ina | nora kaya si punggung anggung gumunggung | ugungan sadina-dina | aja mangkono wong urip ||
Pupuh Pangkur bait ke 6
uripe sapisan rusak | nora mulur nalare ting saluwir | kadi ta guwa kang sirung | sinêrang ing maruta | gumarênggêng anggêrêng anggung gumrunggung | pindha padhane si mudha | prandene paksa kumaki ||
Pupuh Pangkur Bait ke 8
socaning jiwangganira | jêr katara lamun pocapan pasthi | lumuh asor kudu unggul | sumungah sêsongaran | yèn mangkana kêna ingaran katungkul | karêm ing rèh kaprawiran | nora enak iku kaki ||


KESIMPULAN

Intinya adalah sifat yang suka menuruti kemauan sendiri mau menang sendiri, bicara tidak empan papan dan sombong merupakan hal-hal yang membuat “tyas” tidak “basuki”. Hal ini semua harus dihindari. Mengenai hal ini ada beberapa pituduh yang diberikan oleh Sri Mangkunegara IV, dapat dibaca pada lanjutan tulisan ini, Serat Wedhatama dan pituduh menuju tyas basuki (IwMM)

No comments:

Most Recent Post

POPULAR POST