“Jati”
merupakan pohon kelas atas sementara “Jarak” sebagai tanaman perdu, sering
tumbuh liar atau dijadikan pagar hidup, dianggap tanaman kelas bawah. Kata “Tunggak”
berarti batang pohon yang bagian atasnya sudah ditebang. Sedangkan “mrajak”
artinya tumbuh dengan cepat. Dalam peribahasa ini, “tunggak jarak” dianggap
keturunan orang kecil sedangkan “tunggak jati” adalah keturunan orang gedean.
Kalau jaman dulu barangkali yang satu keturunan orang “pidak pedarakan” dan
satunya keturunan “priyayi”.
ARTI PERIBAHASA
Arti
dari peribahasa “Tunggak jarak mrajak, tunggak jati mati” adalah: Keturunan
orang kecil bisa jadi orang besar, sedangkan keturunan orang besar justru tidak
menjadi apa-apa. Hal ini wajar-wajar saja. Keturunan wong cilik kalau keras
berupaya ya akan sukses. Sebaliknya keturunan wong gedhe kalau malas dan alpa
ya pasti ambles. Peribahasa ini menyemangati wong cilik untuk maju dan memberi
warning wong gedhe supaya tidak terlena.
Ada
contoh bagus dari M Ng Mangunwijaya dalam Serat Warasewaya, yang pernah dicetak
di Surakarta tahun 1916 tentang paribasan ini, dalam tembang macapat Gambuh. Pada
bait ke 26 disebutkan yang intinya: walaupun priyayi darah raja kalau tidak
pandai ya tidak akan direken dalam pergaulan. Kemudian pada bait ke 27
dikatakan walaupun anak dusun, kalau menguasai ilmu, akan kaya dan terhormat.
Lengkapnya sebagai berikut:
26. ing
jaman mêngko kulup | nadyan pyayi lan darahing ratu | yèn tan pintêr utawa nora
kasait | nora pati dèn paèlu | arang sinaruwe ing wong ||
27. nadyan
trah bau dhusun | lamun wasis samubarang kawruh | sugih dhuwit sanggon-ênggon
dèn ajèni | dhasar darajade ruhur | keringan sinêmbah ing wong ||
KISAH SALIKIN
Kemudian
pada bait ke 28 sd 31 diberikan contoh, Salikin anak Pak Empluk yang hanya berprofesi pencari rumput, berupaya keras
untuk sekolah. Sejak umur 7 tahun ikut bibinya yang menjadi isteri ke sekian
seorang priyayi. Salikin akhirnya bisa masuk sekolah Belanda dengan gratis dan
akhirnya menjadi dokter. Sekarang Salikin menjadi orang terhormat, naik mobil
dan berwibawa. Siapa yang menyangka anak kuli yang kecil kulitnya mbesisik
berasal dari desa kluthuk bisa menjadi dokter. Lengkapnya bait ke 28 sd 31
(tidak saya terjemahkan) sebagai berikut:
28. ana
tuladhanipun | bocah desa anake wong pikul | tur malarat pakaryane mung rêripik
| adol sukêt godhong kayu | dadi mukti kêcèh kêton ||
29. mangkene
gancaripun | Si Salikin anake Pak Êmpluk | duwe kadang wadon rada ayu dadi |
sêliring prayayi cukup | Salikin milu nèng kono ||
30. duk umur
pitung taun | dèn parêdi lan ipene mau | linêbokkên sakolah Walônda gratis |
cêkake Salikin banjur | dadi dhoktêr nunggang montor ||
31. pamêtune
mèh sèwu | wibawane wis kaya tumênggung | sapa nyana dhèk cilik busuk basisik |
anaking kuli kaluthuk | bisa dadi dara dhoktor ||
KUNCINYA: ILMU
Selanjutnya pada
bait ke 32 ditekankan: Ceritera di atas sudah cukup untuk dijadikan tuladha:
Walaupun “trah cilik pak ceplik” kalau sekolah ya akan mukti seperti anak raja.
Lengkapnya bait ke 32 sebagai berikut:
32. iku kewala cukup | kinaryaa tuladan panuntun
| nora dimèh têrahing cilik pak cêplik | lamun sakolahe putus | mukti kaya
sutèng katong ||
Kuncinya hanya satu yaitu ilmu. Tetapi untuk memperoleh ilmu harus dengan “laku” (dapat dibaca di Laku supaya ing sasmita amrih lantip). Tunggak jarak tidak akan begitu saja mrajak kecuali “kanthi laku” yang justru sering dilupakan tunggak jati karena terlena dengan keduniawian. (IwMM)
Kuncinya hanya satu yaitu ilmu. Tetapi untuk memperoleh ilmu harus dengan “laku” (dapat dibaca di Laku supaya ing sasmita amrih lantip). Tunggak jarak tidak akan begitu saja mrajak kecuali “kanthi laku” yang justru sering dilupakan tunggak jati karena terlena dengan keduniawian. (IwMM)
2 comments:
Senang bisa menemukan blog berisi pitutur-pitutur luhur, keep blogging...
Maturnuwun kersa nyemangati untuk "keep blogging
Post a Comment