Thursday, February 28, 2013

PEPINDHAN: MEMBANDINGKAN SECARA PARALEL (3)

Melanjutkan tulisan Pepindhan: Membandingkan secara paralel (2), telah dijelaskan bahwa Bila “sanepa” bersifat menyangatkan tetapi menggunakan “pepindhan” secara terbalik, maka pepindhan bersifat tidak menyangatkan, hanya menyamakan seuatu dengan sesuatu yang lain menggunakan pembanding.
 
Pembandingnya bisa binatang, tumbuh-tumbuhan, keadaan alam, tokoh wayang dan lain-lain.
 
Ciri khasnya adalah ada kata “kaya, kadya, pindha atau lir” yang ketiganya berarti “seperti”. Dibawah adalah lanjutan contoh pepindhan, masih mengenai manusia.
 
 
6. FISIK MANUSIA
 
“Pepindhan” dalam fisik manusia perlu dibedakan dengan “panyandra” yang sifatnya juga “pepindhan” untuk fisik manusia.  Bedanya kalau “pepindhan” disini adalah bagian tubuh manusia yang lebih besar atau umum, sedangkan “panyandra” adalah untuk bagian tubuh manusia yang lebih kecil atau lebih khusus.
 
AYUNE KAYA DEWI RATIH: Dewi Ratih merupakan bidadari tercantik.
 
BAGUSE KAYA BATHARA KAMAJAYA: Bathara Kamajaya adalah dewa paling tampan, suami Bathari Ratih. Dalam upacara mitoni (nujuh bulan untuk wanita hamil) sering ditaruh cengkir atau kelapa gading muda yang dilukis dengan gambar wayang Bathara Kamajaya dan Kamaratih, dengan harapan kelak kalau anak dalam kandungan lahir, bila wanita akan secantik Dewi ratih, bila laki-laki setampan Bathara Kamajaya
 
CAHYANE BINGAR KAYA LINTANG JOHAR: Pancaran wajah yang cerah (bingar) seperti bintang Johar.
 
CAHYANE NGLENTRIH KAYA REMBULAN KARAINAN: Pancaran wajah yang tidak semangat (nglentrih) ibarat rembulan kesiangan (bulan yang masih terlihat setelah matahari terbit akan tampak suram).
 
DEDEGE NGRINGIN SUNGSANG: Postur tubuh yang besar di bagian bawah (seperti pohon beringin dibalik)
 
DHUWURE KAYA OTHAK-OTHAK MEGA: Othak-othak adalah tongkat yang biasa digunakan orang buta. Diibaratkan tingginya (dhuwure) sampai menggapai langit. Bisa digunakan untuk manusia maupun selain manusia. Misalnya melihat gedung tinggi di Jakarta (tower, pencakar langit) lalu kita komentar: “Wah dhuwure kaya othak-othak mega”. Cuma ngomong begitu pada jaman sekarang bisa disenyumi orang banyak.
 
GAGAH PRAKOSA KAYA RADEN WERKUDARA: Gagah perkasa seperti Raden Werkudara (Bima)
 
POLATANE MBRANYAK KAYA RADEN KAKRASANA (bisa juga RADEN SAMBA): Mbranyak: wajah oval tengadah. Kakrasana adalah Baladewa dimasa muda dan Samba adalah anak Prabu Kresna.
 
RUPANE KEMBAR KAYA JAMBE SINIGAR: Wajah yang sama persis ibarat pinang dibelah dua. Gambaran anak/orang kembar yang wajahnya persis sama (rupane kembar; bisa juga dikatakan: rupane pleg). Dalam pedhalangan, Nakula dan Sadewa adalah kembar.
 
 
7. GAMBARAN SEBUAH PASUKAN
 
Merupakan ucapan ki Dhalang dalam menggambarkan pasukan besar yang sedang berbaris, dari warna pakaian, jumlah prajurit dan gerakannya.
 
ABANG PADHA ABANG KAYA ALAS KOBONG: Yang baju merah berkumpul dengan yang warna bajunya sama, dilihat seperti merahnya hutan yang terbakar.
 
IJO PADA IJO KAYA BETHET SAYUTA: Sama dengan di atas, disini pasukan yang seragamnya berwarna hijau diibaratkan seperti burung betet (warnanya hijau). Disebut satu juta (sayuta) karena banyak sekali.
 
IRENG KUMPUL PADHA IRENG KAYA GAGAK RERATON: Warna seragam hitam disini digambarkan seperti gerombolan (raton, reraton: gerombolan utamanya burung) burung gagak (warna bulunya hitam)
 
KUNING PADHA KUNING KAYA PODHANG RERATON: Seragam kuning pepindhannya adalah warna burung kepodang yang kuning (raton, reraton: gerombolan utamanya burung)
 
PUTIH PADHA PUTIH KAYA KUNTUL NEBA: Putih adalah warna burung kuntul. Dalam hal ini pepindhannya adalah sekelompok burung kuntul yang serentak “neba” (bersama-sama turun dari udara ke sawah).
 
DAWANE BARISAN KAYA SELA BRAKITHI: Begitu panjangnya barisan seperti iring-iringan semut (brakithi) di atas batu (sela)
 
UNTABE KAYA SAMODRA ROB: “Untab” adalah keberangkatan suatu kelompok (pasukan) secara bersama-sama. Gambarannya seperti samodera yang sedang pasang.
 

 
Dilanjutkan ke PEPINDHAN: MEMBANDINGKAN SECARA PARALEL (4)

No comments:

Most Recent Post

POPULAR POST