Tuesday, January 1, 2013

SERAT RAMA DAN ASTA BRATA (8): BATHARA CANDRA



Batara Candra adalah dewa rembulan. Bulan yang lembut, menebar keindahan dan romantisme serta memberi penerangan tetapi tidak panas. Bila kita baca pupuh pangkur bait ke 25 mulai baris ke 5 s/d bait ke 27 baris ke  4 dapat lihat bahwa bathara Candra adalah dewa yang paling menyenangkan.
 
Maafnya memenuhi seluruh bumi (apura sêrananira, amênuhi ring sabumi). Supaya seluruh negara merasa nyaman (mrih eca isining praja) maka Bathara Candra bicara selalu menyejukkan (ing pangrèhe wêwangi lan mêmanis sawuwuse manis arum) dan santun (saulat parikrama). Belum cukup dengan itu, masih dilengkapi dengan suka tertawa dan tersenyum (guyu-guyu èsême winor ing tanduk). Pokoknya yang serba manis dan wangi. Merupakan gambaran sifat susila anor raga sekaligus suka amemangun karyenak tyasing sesama (menyenangkan hati semua orang).
 
Pada bait ke 27 masih diulangi lagi dengan ambêk santa sabuwana (sabar) dan kembali ke semua yang manis dan arum sehingga semua mencintainya.
 
Bait ke 25 s/d 27 selengkapnya dapat dibaca di bawah:


 
 
SIFAT BULAN YANG UNIVERSAL
 
Semua orang di dunia ini sepertinya memandang bulan dengan cara pandang yang sama. Semua bangsa, laki-laki maupun perempuan, anak-anak sampai orang tua, semua menganggap rembulan adalah lembut dan romantis.
 
Paling gampang melihatnya dari “lagu”. Semua bangsa, semua umur memiliki lagu yang mengisahkan rembulan. Ada Blue Moon, Moon River, Terang Bulan, Bulan pake payung, sampai lagu anak-anak padang bulan. Yang sedang jatuh cinta semakin romantis, yang di rantau ingin pulang dan anak-anak ingin bermain-main
 
 
LIDING DONGENG
 
Laku hambeging Candra berarti Pemimpin hendaknya memiliki sifat yang teduh sehingga rakyat hidup damai dalam ketenangan dan ketenteraman. Di malam yang gelap bulan memberikan penerangan. Demikian pula pemimpin seharusnya pemimpin mampu memberikan penerangan kepada rakyatnya yang masih dalam kegelapan atau kebodohan dan membimbingnya dengan penuh kesabaran (apura serananira, ambeg santa sabuwana.

No comments:

Most Recent Post

POPULAR POST