Tuesday, January 29, 2013

PITUTUR KEPADA PEMBERI PITUTUR (1): APAKAH PITUTUR PERLU?


Pitutur ada segudang banyak ditulis dimana-mana, tetapi menyampaikannya tidak gampang. Ada banyak kendala sehingga yang mau memberi pitutur bisa-bisa mundur teratur tidak jadi bertutur, sementara yang dituturi masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Di bawah ada beberapa “pitutur” untuk “pemberi pitutur” dari Ki Padmasusastra, Ngabehi Wirapustaka ing Surakarta dalam Serat Madubasa, Surakarta, 1912 sebagai berikut:
 
ORANG TUA MEMBERI PITUTUR KARENA PERNAH MENGALAMI TETAPI BELUM TENTU KELAKUANNYA SAMA DENGAN PITUTURNYA
Wong tuwa sugih pitutur marang wong nom, dening wis tau ngalami, ananging apa wis bisa marèni kalakuane dhewe kang ambalasar: durung karuwan, tarkadhang mung lagi bisa nuturi bae, yèn duwe karêman durung bisa ambuwang.
TERJEMAHAN: Orang tua banyak memberi pitutur kepada yang muda karena pernah mengalami (maksudnya hal-hal baik maupun buruk yang terkait dengan pituturnya). Tetapi apakah ia sudah insaf dan menghentikan perilakunya yang tidak karuan itu? belum tentu. Kebanyakan hanya bisa memberi nasihat saja, tetapi perilaku buruk diri sendiri belum bisa membuang.
 
YANG DIBERI PITUTUR TIDAK YAKIN DENGAN KETELADANAN PEMBERI PITUTUR
Mituturi bêcik iku gampang, anggêre ora dikon anglakoni dhewe.
TERJEMAHAN: Memberi nasihat baik itu gampang, asal diri sendiri tidak disuruh melaksanakan (pituturnya sendiri)
Pitutur bêcike ora mêsthi digugu, dening sing pitutur durung kêna diandêl bisane nglakoni dhewe.
TERJEMAHAN: Nasihat baik tidak selalu diikuti karena yang memberi nasihat tidak diyakini mampu melaksanakan nasihatnya sendiri
Manungsa iku akèh kang bisa mulang muruk murih sabar tawêkal lan narima, nanging apa sababe ora dilakoni dhewe. Coba takona lirih-lirihan yèn panuju mulang kae.
TERJEMAHAN: Banyak manusia bisa menasihati supaya kita sabar, tawakal dan nrima, tetapi mengapa dirinya sendiri tidak menjalani hal itu? Coba tanyakan pelan-pelan saat ia memberi nasihat.
 
YANG MEMBERI PITUTUR BELUM PERNAH MENGALAMI SENDIRI KEJADIANNYA
Wong nganggit piwulang iku gampang: nanging ênggone nglakoni sing angèl, dening sing nganggit piwulang durung mêsthi yèn wis tau anglakoni dhewe apa kang winulangake, suprandene isining layang kabar kêbak piwulang. Bèn, aja kuwatir ora-orane digugu. Ana piwulang ing dalêm kabar: rukun agawe santosa. Iya bênêr dhasar unine mêngkono, nanging mung ana ing lambe, bae, ora têrus ing ati.
TERJEMAHAN: memberi pitutur itu gampang, tetapi menjalaninya yang susah. Apalagi yang memberi pitutur belum tentu pernah mengalami kejadian tentang apa yang dinasihatkannya. Walau demikian isi surat kabar tetap banyak pituturnya. Biarkan saja. Tidak usah khawatir, paling-paling tidak ada yang mengikutinya. Contohnya: Nasihat bahwa “bersatu kita teguh”. Memang benar bunyinya demikian, tetapi hanya di bibir tidak masuk dalam sanubari.
 
APAKAH PITUTUR ITU PERLU?
Piwulang bêcik tanpa gawe mungguhing wong ala, nanging wong bêcik tanpa piwulang bêcik wis bêcik dhewe. Lah apa gawene gawe piwulang bêcik? Konên nganggo dhewe bae. Apa kang nganggit iku durung tau nglakoni, pitutur kang tinuturake iku? Mênawa.
TERJEMAHAN: Nasihat baik tidak ada manfaatnya untuk orang jahat, sebaliknya orang baik akan baik sendiri walau tanpa diberi nasihat. Lalu apakah nasihat baik itu perlu? Suruh pakai sendiri saja (maksudnya untuk pemberi pitutur). Apakah penulis buku ini (maksudnya: Ki Padmasusastra) belum pernah mengalami sendiri pitutur yang dia tuturkan? Mungkin saja!
 
LIDING DONGENG
Rasanya menjadi serba salah dalam memberi pitutur. Sudah pernah mengalami sendiri maupun belum pernah mengalami tetap mendapat kritik. Demikian pula yang diberi pitutur. Yang jelek tetap saja jelek walau dituturi, sebaliknya yang baik tetap baik walau tidak diberi pitutur.
Contoh yang diberikan Ki Padmasusastra juga sederhana, umum dan hari-hari kita lihat dan alami: “Rukun agawe santosa” (Bersatu kita teguh) mestinya bukan sekedar pepaes untuk abang-abang lambe saja. 
Sudahkah kita rukun? Kalau tidak rukun, untuk apa ada pitutur. (IwMM)
Dilanjutkan ke Pitutur kepada pemberi pitutur (2): Pitutur tetap perlu

No comments:


Most Recent Post


POPULAR POST