Wednesday, March 6, 2013

PANYANDRA: PEPINDHAN UNTUK SESUATU YANG KHUSUS (2): TUBUH DAN ANGGOTA BADAN


Mengulangi kembali  yang telah ditulis pada Panyandra: Pepindhan untuk sesuatu yang khusus (1): Kepala dan leher.
Panyandra (candra: salah satu pengertian “candra” menurut Poerwadarminta adalah menceriterakan ujud sesuatu dengan “pepindhan”).

Secara umum dapat kita katakan bahwa “panyandra” adalah “pepindhan” khusus. Misalnya bagian tubuh manusia (khususnya wanita, dan lebih khusus lagi yang dinilai “indah).

“Panyandra” juga diberikan untuk menggambarkan suatu keadaan. Misalnya “panyandra untuk musim” dalam “pranatamangsa” Jawa, demikian pula panyandra gambaran orang minum (minuman keras) mulai satu sloki sampai sepuluh sloki.
Perlu daya imajinasi yang kuat untuk membayangkan sesuatu yang kita “candra” dengan pembandingnya. Melanjutkan posting terdahulu, dapat dipirsani beberapa contoh panyandra untuk bagian tubuh manusia sebagai berikut:
 
A. KEADAAN TUBUH  DAN ANGGOTA BADAN
1. BETIS:
Kempole nyikil walang: (Kempol: betis) Betis seperti kaki belalang
Kempole ngembang pudhak: Putih dan berseri seperti bunga pudak (pandan)
Wentise mukang gangsir: (Wentis: betis) Betis seperti kaki gangsir (Gangsir: sejenis jengkerik)
Wentise ndamen meteng: (Dami: batang padi. Yang dimaksud disini adalah butir padinya. Maksudnya sama dengan ungkapan bahasa Indonesia: Betisnya padi membunting
2. JARI
Drijine mucuk eri: jari-jemari yang ramping seperti pucuknya duri
3. KULIT
Pakulitane ngulit langsep: Kuning langsat
Pakulitane ireng manis: Hitam manis
Pamulune mbengle keris: (Pamulu: rona pada wajah): Kearah kuning bercahaya seperti “bengle” (sejenis tanaman obat)
Pamulune prada binabar: wajah bersinar seperti “prada”.
4. PAYUDARA
Payudarane nyengkir gadhing: Seperti kelapa gading muda
5. PINGGANG
Bangkekane nawon kemit: Bangkekan (pinggang) yang kecil seperti tawon kemit (umumnya lebah memang pinggangnya kecil. Tawon kemit adalah sejenis lebah yang pinggangnya memang paling ramping).
PUNDAK
Pundhake nraju mas: Traju adalah timbangan. Yang dimaksud adalah pundak yang kiri kanan sama tingginya. Betul-betul sama tinggi ibarat “traju mas” (timbangan emas). Mengapa pundak saja diurus? Marilah kita berdiri di depan cermin. Adakah pundak kita benar-benar imbang kiri kanan? Kebanyakan pundak kita  “ndhek-wur” (satu cendhek satunya dhuwur).
6. TANGAN
Tangane nggendhewa pinenthang: Adalah tangan yang kalau diluruskan melengkung ibarat busur yang ditarik.
Tangaen nggendhewa denta: (Denta: gading gajah). Maksudnya disini adalah tangan yang tidak hanya “nggendhewa” saja tetapi kulitnya juga berwarna “denta” atau kuning gading  
Catatan: Tangan yang “nggendhewa pinenthang” ini bagus untuk seorang penari.
7. TUMIT
Tungkake bunder lir jinangka: Tumit yang bulat teratur seperti diukur dengan jangka
 
B. GERAKAN TUBUH DAN ANGGOTA BADAN
1. CARA BERJALAN
Lakune kaya macan luwe: Jalannya seperti harimau lapar. Intinya gerakan tubuh bagian bawah yang luwes. Mohon dibayangkan sendiri seperti apa. Kata-kata “lakune kaya macan luwe” ada dalam lirik lagu “Putri Solo” yang tayangan Youtube-nya dapat bapak ibu klik pada bagian akhir tulisan ini
Lakune mucang kanginan: Yang satu ini kebalikan dari “macan luwe”. Merupakan gambaran gerak tubuh bagian atas waktu berjalan. Ibarat pohon pucang (pinang) yang tertiup angin, bergoyang lembut ke kiri dan kanan.
Lakune njalak dinding: Model lain lagi. Cara berjalan seperti burung jalak dinding. Gambaran wanita yang lincah gerakannya.
 
2. GERAKAN ANGGOTA BADAN
Lembehane mblarak sempal: Gerakan tangan waktu berjalan diibaratkan seperti daun kelapa yang sudah tua (blarak) yang sempal (patah, dalam hal ini karena memang sudah waktunya) dan jatuh dari batang pohonnya menuju tanah. Seperti itulah gambarannya.
 
PENUTUP
Panyandra juga ada dalam khasanah lagu Indonesia. Dibawah adalah tayangan video Youtube lagu “Putri Solo”  yang dinyanyikan oleh Sundari Soekotjo. Ada dua panyandra tentang putri Solo: Mung lakune kaya macan luwe dan ireng manis kulitane.
 
Panyandra tidak hanya ditujukan kepada tubuh dan gerakan manusia, utamanya wanita. Tetapi juga untuk suatu keadaan, baik keadaan alam maupun keadaan manusia. Kita lanjutkan ke:

No comments:

Most Recent Post

POPULAR POST