Thursday, May 3, 2012

NAMA ANAK BINATANG DALAM BAHASA JAWA DAN INGGRIS (2): NAMA KHUSUS


Kelihatannya yang punya nama khusus yang betul-betul khusus hanya binatang yang akrab dengan kehidupan manusia. Mungkin karena orang Jawa akrab dengan lingkungan, termasuk dunia binatang maka semua binatang yang dia kenal, anak-anaknya mempunyai nama khusus. Di bawah adalah contoh nama anak binatang yang saya kenal, dalam bahasa Jawa. Daftar panjang arane anak kewan (nama anak binatang) banyak ditulis para blogger. Tinggal klik saja salah satu.

 
Binatang berkaki empat (herbifora dan carnifora)
  1. Sapi: Pedhet
  2. Kerbau (kebo): Gudel
  3. Banteng: Wareng
  4. Kambing (Wedhus): Cempe
  5. Gajah: Bledhug
  6. Badak (Warak): Plencing
  7. Kijang, Rusa (Kidang, Menjangan): Kompreng
  8. Kancil: Kenthi
  9. Tikus: Cindhil
  10. Kuda (Jaran): Belo
  11. Harimau (Macan): Gogor
  12. Singa: Dibal
  13. Kucing: Cemeng
  14. Anjing; (Asu): Kirik
  15. Babi: Gembluk
  16. Celeng: Genjik
Binatang jenis kera

Dalam bahasa Jawa anak kera bisa disebut “kenyung” atau “kowe” (“kowe” dalam bahasa Jawa ngoko artinya adalah “kamu” atau “anda”).

Binatang jenis burung/unggas

Dalam bahasa Jawa nama generik anak burung adalah “Piyik”. Walau demikian ada juga yang mempunyai nama khusus. seperti di bawah ini:
  1. Ayam (pitik): Kuthuk
  2. Bebek: Meri
  3. Itik Manila (Menthog): Minthi
  4. Angsa (banyak): Blengur
  5. Burung emprit: Indhil
  6. Burung gagak: Engkak
  7. Burung puyuh (gemak): Drigul
  8. Burung gelatik:Cecrekan
  9. Burung merak: Uncung
Binatang air, amfibi dan reptil

Tidak banyak yang hapal nama anak binatang jenis ini, atau hanya tahu satu dua, misalnya “tobil” anak kadal. Tapi ada juga nama-nama khusus untuk mereka.
  1. Ikan bandeng: Nener
  2. Ikan gabus (kutuk): Kotesan
  3. Ikan lele: Jabrisan)
  4. Ikan tambra: Bokol
  5. Ikan wader: Sriwet
  6. Ikan tongkol: Cengkik
  7. Ikan dorang: Tamper
  8. Ikan kakap: Caplek
  9. Ikan paus (lodan): Jengkelong
  10. Belut (welut): Udhet
  11. Udang (Urang): Grago
  12. Buaya (baya): Krete
  13. Kura-kura (bulus): Ketul
  14. Penyu: Tukik
  15. Ular (Ula): Kisi
  16. Ketam (Yuyu): Beyes
  17. Cicak (cecak): Sawiyah
  18. Kadal: Tobil
  19. Tokek (tekek): Celoto
  20. Cacing: Lur
  21. Katak (kodhok): cebong (sebelum berbentuk katak); precil (katak masih kecil)
Bagaimana dalam bahasa Inggris?

Nama khusus anak binatang dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu khusus. Pada umumnya menggunakan nama generik sesuai klasifikasi yang dapat dibaca pada posting terdahulu: Nama anak binatang dalam bahasa Jawa dan Inggris (1): Nama Generik. Kalau ada nama yang agak khusus umumnya sesuai dengan “bahasa” saja. Sebagai contoh:

Misalnya “Hatchling” yang artinya kurang lebih “baru menetas”, digunakan untuk nama anak buaya, ular, komodo dan kura-kura. “Hatchling” juga dipakai untuk anak beberapa burung besar.seperti emu dan ostrich disamping sebutan umum “chick” untuk anak burung. Terminologi hatchling bisa dipakai untuk semua jenis binatang yang bertelur. Kalau diperhatikan, hatchling agak khusus digunakan untuk binatang melata (reptil) dan burung besar yang hidup disekitar padang pasir. Kata hatcling digunakan untuk yang baru menetas.

Akhiran “ling” dipakai untuk memberi nama anak binatang secara agak khusus juga: Misalnya “Duckling” (anak itik semua jenis), “Gosling” (anak angsa), “Fledgling” (anak burung hantu dan anak burung elang), “nestling” (anak burung pelican, burung pinguin, kelinci dan tikus), dan “spiderling” (anak labah-labah).

Demikian pula halnya penggunaan akhiran “let” misalnya: “piglet” (anak babi), “pullet (anak ayam betina), “eaglet” (anak burung elang), “owlet” (anak burung hantu), “froglet (anak katak), “snakelet” (anak ular) dan “wormlet” anak cacing

Menurut The Free Online Dictionary “Joey” adalah nama untuk anak kanguru, berasal dari dialek bahasa asli setempat yang juga berarti anak binatang. Sehingga Joey digunakan untuk penamaan anak binatang asli Australia. Selain untuk Kanguru juga digunakian untuk anak binatang-binatang seperti Koala dan opossum.

Beberapa anak binatang juga menggunakan nama “whelp” misalnya anak anjing (selain “pup” atau “puppy”), anak coyote (selain “cub” dan “pup”), harimau (selain “cub”), serigala (selain “pup”), hyena (selain “cub” dan “pup”) dan otter (selain “pup”)

Adakah nama yang betul-betul khusus dalam bahasa Inggris?

Ternyata ada juga walaupun tidak banyak. Misalnya: Untuk binatang berkaki empat, anak babi disebut juga “shoat” atau “farrow” selain “piglet” di atas; Anak rusa dan kijang disebut fawn (selain “calf”); Anak kambing menggunakan nama manusia yaitu “kid” atau “billy”; Anak biri-biri disebut “lamb, lambkin atau “cosset”; Anak llama disebut “fria”; anak kelinci disebut “bunny” selain “kitten” atau “kit” di atas; juga anak tikus disebut “Pinkie, fuzzy, crawler, hopper” (selain “pup” dan “kitten” di atas).

Binatang lain misalnya anak burung dara disebut “squab” (selain “chick”), anak kalkun disebut “poult”, belut muda disebut “elver”, anak lalat disebut “faggot”, anak katak disebut “tadpole” atau “polliwog”’

Kesimpulannya nama anak binatang dalam bahasa Inggris lebih banyak menggunakan nama generik. Nama yang lebih khusus diberikan kepada binatang yang masih sekeluarga. Tetapi nyaris tidak ada nama untuk spesies per spesies. Nama lebih bernuansa konteks. Sementara dalam bahasa Jawa sepanjang kita tahu binatangnya dan hidup di sekitar kita sebagai habitat aslinya maka diberikan nama khusus untuk anaknya. Nama anak binatang menjadi soal ulangan atau ujian bagi sekolah-sekolah yang mempunyai muatan lokal “bahasa Jawa”. (IwMM)


Rujukan bacaan:

 

No comments:

Most Recent Post

POPULAR POST