Semua orang punya “gegayuhan”
atau cita-cita. Untuk mencapainya, orang harus punya bekal yaitu ilmu. Ilmu
sebagai “teken” (tongkat) dilandasi
ketekunan maka akan “tekan” (sampai
ke tujuan). Dengan demikian rumus kita adalah: Tekun, Teken, Tekan. Ketekunan dalam hal ini adalah “Laku”. Ingat bahwa “Ngelmu iku kelakone kanti laku” yaitu “mengurangi makan dan tidur,
tidak foya-foya dan hidup prasaja. Kalau dikatakan “lekase lawan kas; tegese kas nyantosani” maka yang dimaksud adalah
kebulatan tekad dan keyakinan bahwa kita akan memperolehnya. Mohon merujuk ke
tulisan “laku” supaya ing sasmita amrih lantip.
Daftar pitutur di bawah
bersumber dari Butir Butir Budaya Jawa koleksi Prof. Rusdibjono (BBB).
Terjemahan (setengah bebas) saya tulis di bawah naskah bahasa Jawanya. Selamat
membaca, disertai harapan semoga bermanfaat.
1. CITA-CITA: UNTUK MENCAPAI TINGKAT HIDUP LEBIH TINGGI
LAHIR DAN BATIN
Nggayuh kaluhuran lire ngupaya tataraning urip kang
luwih dhuwur. Dhuwur lahir lan batin ya tumrap dhiri pribadine uga sumrambah
kanggo karaharjaning bebrayan. Nanging yen kandheg salah siji, tegese gothang.
Yen mung nengenake kaluhuraning lahir genah mung ngoyak drajat lan semat, isih
miyar-miyur gampang kena pangaribawa saka njaba. Yen ngemungake kaluhuraning
batin, cetha ora nuhoni jejering manungsa, awit ora tumandang ing gawe kanggo
keperluwaning bebrayan. Ateges tanpa guna diparingi urip ana ing alam donya.
(BBB)
TERJEMAHAN: Ingin memperoleh keluhuran adalah upaya untuk meraih tingkatan
hidup yang lebih tinggi. Tinggi lahir maupun batin, untuk diri sendiri dan
menyebar ke guna kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Tertinggal salah satu
berarti timpang. Mengutamakan keluhuran lahir saja jelas hanya mengejar derajat
dan harta. Berarti masih terombang-ambing dan mudah kena pengaruh luar. Bila
hanya mengutamakan keluhuran batin, jelas tidak menetapi hakekat manusia,
karena tidak bekerja bagi keperluan masyarakat. Berarti tidak ada manfaatnya
hidup di dunia
2. MENCAPAI CITA-CITA: HARUS DILANDASI ILMU
Urip tanpa gegayuhan luhur, bebasane kaya
lelawuhan tanpa uyah, sepa tan mirasa. Gegayuhan biasane kasembadan kudu
sinartan ngelmu, jalaran ngelmu mono pancen sangune ngaurip, wondene ngelmu iku
tinemu ing laku lan tandang. Sakehing tandang ora becik kelakone yen ora mapan.
Lire, bisaa tansah ngelingi marang jantraning kahanan. Wong kang tandang
tanduke mapan, angel kepepete, jalaran yen mapan mesthi cepak waspadane. Dene
waspada mono sirikane mala lan adoh saka bebendhu. (BBB)
TERJEMAHAN: Hidup tanpa cita-cita ibarat lauk tanpa garam, hambar, tidak
sedap. Cita-cita bisa terlaksana harus dilandasi ilmu, karena ilmu adalah bekal
kehidupan. Ilmu diperoleh dari “laku” (belajar tekun) dan “tandang” (bekerja).
Supaya “tandang” terlaksana dengan baik, kita harus mapan. Kita harus
senantiasa ingat jantera kehidupan. Orang yang tindak-tanduknya mapan, jarang
mendapat kesulitan karena selalu waspada. Waspada adalah musuh utama
malapetaka.
3. LANDASAN MENCAPAI CITA-CITA: TEKAD BUDI SENTAUSA
Dhasar premati tumraping wong duwe tekad lan duwe
gegayuhan yaiku tekad budi santosa. Sarana ndulu kaca benggala kang kita alami
saben dina, teteg kawegigane pikir bae ora mujudake gaman pamungkas tumrap
kasembadaning sedya. Mula yen mung ngendelake marang punjuling nalar lan
moncering kawruh bae, tanpa mengkoni ing budi santosa, atine gampang
miyar-miyur, gampang kasinungan ing watak sesongaran sing adhakane banjur
kacenthok pancabaya, ubayane banjur mbalenjani. (BBB)
TERJEMAHAN: Dasar utama bagi orang yang mempunyai cita-cita adalah “tekad
budi sentausa”. Bercermin pada pengalaman yang kita alami sehari-hari,
kepandaian saja bukan merupakan senjata pamungkas untuk tercapainya keinginan.
Oleh sebab itu kalau hanya mengandalkan kemampuan ilmu saja tanpa dilandasi
tekad budi sentausa, hati kita masih terombang-ambing, masih mudah dihinggapi
watak menggampangkan yang biasanya akan mengalami banyak hambatan. Hasilnya
adalah kegagalan.
4.
MENCAPAI
CITA-CITA: “KERJA” DILANDASI KEYAKINAN AKAN TERCAPAI
Siji-sijining dalan amrih kaleksananing gegayuhan,
yaiku makarti sinartan kapercayan lan keyakinan menawa apa kang sinedya mesthi
dadi. Yen kita mung kandheg ing gagasan lan kukuhing karep bae, tanpa tumandang
lan makarya minangka srana panebuse, wohe ya ora beda kaya dene pangimpen.
Cilakane maneh, yen selagine nganggit anggit mau wis kaselak ngrasakake
kanikmatane ing pangangen-angen, wusanane dadi lumuh ing gawe lan wedi ing
kakewuh (wedi kangelan).
TERJEMAHAN: satu-satunya jalan untuk mencapai cita-cita adalah bekerja
dengan landasan kepercayaan dan keyakinan bahwa apa yang dicita-citakan akan
tercapai. Kalau hanya berhenti di gagasan dan kekerasan tekad saja tanpa
bergerak dan bekerja hasilnya tidak akan beda dengan mimpi. Lebih celaka selama
kita menggagas sudah merasakan kenikmatan dalam angan-angan. Hasilnya menjadi
malas bekerja dan takut mendapat kesulitan.
5. MENCAPAI CITA-CITA: KERJA KERAS DAN TELATEN
Banyu iku bisane bening yen wis menep. Senadyan
maune buthek, nanging yen wis menep, iya banjur bening. Semono uga tumrap
pepenginan utawa gegayuhan yen diudi nganti katog lan menep ing tembe buri uga
bakal kasinungan sifat bening. Lire, nadyan pepenginan lan panggayuh bisa
kaleksanan klawan tumuli, ewa semono yen ditlateni suwening suwe uga bakal
kasembadan.
TERJEMAHAN: Air biasanya bening kalau sudah mengendap (kotorannya).
Walaupun sebelumnya keruh, tetapi setelah mengendap, akan menjadi bening.
Demikian pula cita-cita. Kalau kita upayakan sungguh-sungguh dan mengendap
(maksudnya telaten) akan bening (tercapai) juga di kemudian hari. Artinya,
walaupun cita-cita ada yang bisa segera terlaksana, tetapi kalau kita tlaten
lama-lama pasti akan tercapai
6. MENCAPAI CITA-CITA: HARUS MELANGKAH DISERTAI “NALAR”
Sapa sing duwe panjangka kudu wani jumangkah, jer
katekaning sedya iku mung bisa maujud menawa dilakoni lan ora nyimpang saka
katekadane. Karep lan sedya, jangka lan panuwun, iku saumpamawong lelungan mono
tumuju papan kang arep diparani utawa dijujug. Dene kekarepan iku kudu ana
kanthine, yaiku nalar. Jalaran kekarepan tanpa nalar ora beda karo karepe bocah
cilik. Kejaba tanpa teges, uga sok tanpa wasana, satemah ora ana dadine (BBB)
TERJEMAHAN: Orang yang mempunyai cita-cita harus berani melangkah, karena
tercapainya keinginan kita hanya bisa terwujud kalau dijalani dan tidak
menyimpang dari tekad kita. Keinginan dan niat, waktu dan doa, semisal orang
bepergian harus ditujukan kepada tempat yang akan kita datangi. Keinginan harus
punya pengawal. Adapun pengawalnya adalah “nalar”, atau otak. Karena keinginan
tanpa “nalar” ibarat keinginan anak kecil. Selain tanpa makna juga tanpa
tujuan, hasilnya tidak tercapai
7.
MENCAPAI
CITA-CITA: MAJU TERUS PANTANG MUNDUR
Angger wong mesthi suthik diarani cupet nalare,
cilik aten, lan kendho tekade. Mulane yen darbe karep aja mundur merga luput
sepisan pindho bae, prayoga ambalana maneh nganti katekaning sedya. Samubarang
pegaweyan menawa kok temeni wiwit saiki mesthi bakal bisa ngundhuh bageyan lan
kauntungan. Apa kang kok sedya bakal tumeka, pituwase lagi ketemu mburi
TERJEMAHAN: Semua orang pasti tidak mau dikatakan berpikiran sempit,
kecil hati, dan kendor tekadnya. Oleh sebab itu apabila mempunyai cita-cita
jangan mundur hanya karena satu dua kali kegagalan. Harusnya kau ulangi sampai
tercapai. Semua pekerjaan kalau kau tekuni mulai sekarang, pasti akan memetik
hasil dan keuntungannya. Apa yang kau inginkan bakal tercapai di kemudian hari,
8. MENCAPAI CITA-CITA: DILARANG RAGU-RAGU
Yen darbe karep lakonana kanthi gemblenging tekad
kang nyawiji, adhepana sarana makarti kang madhep lan mantep. Sangune kudu ati
sing tatag, ora ngedhap nadyan mengerti yen dalan kang diambah kebak parang
curi. Yen tansah rongeh lan rangu-rangu, ateged mung wani ing gampang, wedi ing
pakewuh, samubarang kang sinedya ora bakal ginayuh.
TERJEMAHAN: Seorang yang mempunyai cita-cita harus menjalani dengan tekad
yang bulat, menghadapi dengan bekerja mantap. Bekalnya harus berani dan tidak
mundur walaupun banyak rintangan dihadapi. Bila selalu ragu-ragu, berarti hanya
mau gampangnya saja, takut menghadapi kesulitan dan semua yang dicita-citakan
tidak akan tercapai
9. MENCAPAI CITA-CITA: HARUS PANDAI BERGAUL
Kecandhaking sawijining idham-idhaman iku ora cukup
mung dibandang moncer lan pepaking ilmu lan kawruh bae. Nanging ana syarat siji
kang ora kena kalirwakake, yaiku kapinteran ing bab sesrawungan. Sapa kang bisa
tumindak ajur-ajer lan bisa nuwuhake rasa resep marang liyan, prasasat wis
entuk pawitan kanggo nandangi sakehing pagaweyan apadene nggayuh idham-idhamane
TERJEMAHAN: Tercapainya cita-cita tidak cukup bermodal kekuatan dan
kelengkapan ilmu pengetahuan saja. Masih ada satu syarat yang tidak boleh
terlewatkan yaitu kepandaian dalam bergaul. Siapa yang bisa “manjing ajur ajer”
(menyatu) dan mampu menumpuhkan rasa suka kepada orang lain, sesungguhnya sudah
memiliki modal untuk mengerjakan semua pekerjaan dan mencapai cita-citanya
10. JABATAN TINGGI: MULAILAH DARI PALING BAWAH
Yen kepengin nglungguhi pangkat kang dhuwur luwih
prayoga dikawiti saka kalungguhan kang endhek dewe. Awit klawan mengkono ing
tembe kowe ora bakal disepelekake dening andhahanmu. Lan kang utama kowe nuli
bisa madeg dadi pemimpin kang bisa nglungguhi ing kawicaksanan, adoh saka watak
degsura, anane mung sarwa kebak rasa tepa selira.
TERJEMAHAN: Bila ingin menduduki jabatan yang tinggi sebaiknya dimulai
dari yang paling bawah. Hanya dengan itu kelak kamu tidak akan disepelekan
bawahanmu. Dan yang utama, kamu bisa segera menjadi pemimpin yang bijaksana,
jauh dari watak mau menang sendiri dan penuh tenggang rasa.
11. JANGAN PERNAH MERASA
DITAKDIRKAN SIAL
Aja sok rumangsa tinitah apes nganti gawe pepesing
semangatmu. Malah prayoga dinarima apa kang wis sira tampa saka kanugrahaning
Gusti Kang Maha Kuwasa. Awit ngelingana menawa ora kurang-kurang titah kang
luwih cingkrang lan luwih cacad tinimbang sira. Suprandene dheweke babar pisan
ora kawetu nutuh marang Gusti Allah. Kang mangkono mau ora liya marga saka
kandele imane lan yakin marang keadilaning Pangeran Kang Maha Kuwasa marang
sakabehing lelakon kang dumadi ing jagad raya iki
TERJEMAHAN: Jangan pernah merasa ditakdirkan sial sehingga membuat luluh
semangatmu. Lebih baik kamu menerima apa yang sudah kau dapat dari Allah Yang
Maha Kuasa. Ingatlah banyak manusia yang lebih papa daripadamu tetapi mereka
tidak pernah menyalahkan Allah SWT. Hal ini karena tebalnya iman mereka
ditambah keyakinan akan keadilan Allah Yang Maha Kuasa terhadap semua kejadian
di jagad raya ini
12. BOLEH TIDAK PUAS UNTUK PEKERJAAN TETAPI
JANGAN KEBENDAAN
Ginubel
dening rasa “Tansah kurang marem” marang asiling pakaryan utawa jejibahan kang
diayahi, sauger ora ngangsa-angsa, sayekti malah dadi pamecut kang becik kanggo
luwih maju. Nanging yen rasa tansah kurang marem mau ngenani wuwuhing
donya-brana, ora beda kayadene reridhu sing estine mung tansah rinasa kayadene
pasiksane ngaurip.
TERJEMAHAN: Terikat
dengan rasa “tidak pernah puas” terhadap hasil pekerjaan atau tugas yang sedang
diemban, sepanjang tidak “ngaya” sebenarnya merupakan cambuk yang baik untuk
kemajuan. Tetapi kalau rasa kurang puas tersebut mengenai tambahnya hartabenda,
tidak beda dengan godaan yang selalu menjadi siksaan hidup.
PENUTUP
Cita-cita tidak mungkin
dicapai secara instant, langsung jadi. Harus setapak demi setapak ibarat orang
menaiki tangga. Bila ingin punya kedudukan tinggi ya harus mulai dari bawah,
sehingga kita mempunyai penghayatan bagaimana rasanya menjadi bawahan, dengan
demikian kita akan menjadi pemimpin yang lebih bijak. Wasiyat Dalem Sri
Mangkunegara III mengatakan: Yen perintah wong sarat kudu nglakoni dhisik. Bila
ditimpa kegagalan beruntun jangan cepat-cepat memvonis diri sebagai orang yang
apes. Kegagalan adalah cambuk untuk maju. Syarat punya karep: harus ulat madhep
ati mantep. (IwMM)
No comments:
Post a Comment